Blog ini membahas segala tentang berbagai jenis pakan burung; pakan kenari, pakan lovebird, pakan perkutut, dan burung kicauan lainnya. pakan untuk burung yang diracik oleh para ahli sehingga menghasilkan makanan burung yang joss dan bermutu untuk burung-burung juara kesayangan anda.

Panduan Cara Ternak / Budidaya ayam bangkok aduan juara

Panduan Cara Ternak / Budidaya ayam bangkok aduan juara - Hallo sahabat Pakan Burung Joss, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Panduan Cara Ternak / Budidaya ayam bangkok aduan juara, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ternak-Ayam, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga :


Panduan Cara Ternak / Budidaya ayam bangkok aduan juara

Panduan cara berternak ayam bangkok untuk aduan

 Panduan Cara Ternak / Budidaya ayam bangkok aduan juara yang baik dan benar

Berwiraswasta adalah profesi yang menjadi pilihan banyak orang. Dengan berwiraswasta cenderung memiliki kenyamanan dalam menjalani profesi, di samping itu kita dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain jika usaha yang ditekuni dapat dikembangkan.

Seorang wiraswasta harus pandai mencari dan memanfaatkan peluang dari berbagai sektor usaha meski dari arah yang tak diduga.

Saat ini banyak bermunculan peluang usaha dari segi budidaya hewan dan tumbuhan seperti budidaya : lele, kroto, jangkrik burung kenari, murai batu dll. Nah dalam postingan kami saat ini akan membahas budidaya ayam bangkok.


Ternak ayam bangkok : bukanlan suatu hal yang mudah untuk dilakukan, terlebih lagi hal ini disebabkan karena banyaknya ciri-ciri umum dan khusus yang harus dipenuhi saat memilih dan membeli Ayam Bangkok. Cara berternak ayam bangkok sebanarnya sangatlah mudah, yang perlu diperhatikan dalam berternak ayam bangkok adalah pemilihan induk bangkok yang bagus, baik induk bangkok maupun pejantan bangkok. 

Untuk menghasilkan peranakan bangkok yang baik menurut Cara berternak ayam bangkok sebaiknya dalam pengawinan induk dan pejantan bangkok herus dalam keadaan sehat, karena jika dalam pengawinan tersebut salah satu diantaranya sakit atau mempunyai kelainan, bisa menyebabkan peranakan bangkog yang kurang bagus atau masih mempunyai kelainan yang menyerbabkan harga ayam tersebut terpengaruh atau lebih murah. 

Cara berternak ayam bangkok di antaranya adalah :
  1. Pilih induk bangkok yang baik dan sehat.
  2. Pilih Pejantan bangkok yang sehat dan permainan tarungnya yang agus.
  3. Siapkan kandang umbaran, perkawinan di kandang umbaran lebih baik dari pada di kandang dodogkan. Karena proses perkawinan lebih alami.
  4. Kandang anak ayam bangkok sebaiknya di buat sebelum di kawinkan, agar saat menetas nanti, anak ayam bangkok siap dipindahkan.
  5. Pakan induk dan anak ayam bangkok.Banyaknya jenis pakan ayam bangkok, lebih baik baca dulu cara pemberian pakan ayam bangkok sebelum di praktekkan.  
Untuk tambahan pengetahuan buat pembaca artikel Cara berternak ayam bangkok ini, perlu diketahui bahwa saat ayam bangkok mulai mengengkrami telurnya, sedikit penyiraman air ke induknya saat mengengkrami membuat induk bangkok tersebut mau kawin lagi. 

Jadi telur yang dihasilkan dalam Cara berternak ayam bangkok bisa lebih banyak. Hal itu dapat dilakukan sampai 3 kali menurut Cara berternak ayam bangkok, dengan catatan tidak boleh berlebihan dalam melakukannya. Karena akan membuat induk ayam tersebut tidak mau mengengkrami telurnya.


Jangan lupa segera memindahkan atau mengambil anak ayam tersebut dari induknya, supaya induk ayam tersebut mau kawin lagi dan mulai mengengkrami telur yang baru. Pakan anak ayam bangkok menurut setelah nenbaca Cara berternak ayam bangkok tersebut juga perlu diperhatikan agar hasil tarung ayam tersebut berani diadu atau bernilai dalam aduan. 

Cara Ternak Ayam Bangkok.
 Panduan Cara Ternak / Budidaya ayam bangkok aduan juara yang baik dan benar

Mengawinkan induk bukanlah pekerjaan yang sulit, terutama bagi peternak yang sudah berpengalaman. Hal yang sulit adalah mencari bakal Pejantan dan Indukan yang berkualitas tinggi. Mengawinkan induk bisa dilakukan di kandang umbaran atau dengan sistem kawin tembak (doddogan). 


Caranya induk betina dipegangi, lalu induk jantan akan mengawini si betina. Cara ini terkenal paling efektif dan cepat menghasilkan keturunan. Induk jantan yang baik biasanya tidak terlalu sulit dikawinkan dengan cara dogdogan. Jika induk jantan tidak mau mengawini induk betina dengan cara dogdogan, sebaiknya induk jantan dan induk betina dikawinkan di dalam kandang umbaran. 


Satu ekor pejantan bisa mengawini 3-4 induk betina. Perkawinan juga bisa dilakukan secara inseminasi buatan, tetapi cara ini jarang dilakukan karena cara perkawinan alamiah terhitung cukup gampang dilakukan dan tidak perlu mengeluarkan biaya khusus untuk membeli peralatan inseminasi. 

Induk yang telah dikawinkan akan bertelur seminggu setelah dikawinkan. Induk betina ayam bangkok bertelur terbatas, tidak lebih dari 20 butir setiap periodenya. Hal ini berbeda dengan ayam kampung yang bisa bertelur sampai 40 butir untuk setiap periode. Telur-telur tersebut bisa dierami oleh induknya atau ditetaskan di dalam mesin tetas. Untuk usaha skala kecil, penetasan bisa dilakukan oleh induknya, tetapi untuk usaha. 



TIPS : 
  • Untuk masalah dasar tanah pada kandang indukan petelur ada baiknya anda taburi ampas kulit padi, ini juga trik agar ayam tidak mudah diserang penyakit, karena kotoran-kotoran ayam bisa cepat kering dan juga mengurangi bau pada kandang, bila trik ini anda lakukan dengan teratur maka bisa menghindari kelembapan pada kandang dan membuat ayam anda anti dari serangan penyakit. Jangan lupa pula untuk memberi angkringan tidur untuk indukam ayam.  
  • Untuk pemilihan induk betina agar saat mengerami bisa menetas total, dan sempurna, pilih yang banyak bulunya/tebal, ciri-cirinya pada saat di pegang bulunya empuk, dan ringan bila di angkat. Ini merupakan ciri-ciri istilah jawa timuran babon cetak. Kunci suksesnya mendapat turunan anakan adalah dari indukan betina (babon). 
Demikianlah tentang cara budidaya/ternak ayam bangkok. Selamat mencoba semoga sukses tanpa di serang penyakit dan banyak menghasilkam turunan jago kungfu.

Demikianlah Artikel
Panduan Cara Ternak / Budidaya ayam bangkok aduan juara
Sekian dari kami, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Share on Google Plus

About Oprekers

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment